Menu Click to open Menus
Home » artikel kesehatan » Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

(899 Views) January 25, 2017 2:00 am | Published by | Comments Off on Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Cara penggunaan psyllium husk – Psyllium Husk atau yang dikenal dengan nama Plantago Ovata ini adalah tanaman yang hanya bisa tumbuh di negara India, akan tetapi telah lama dikonsumsi sebagai suplemen sumber serat makanan yang alami semenjak tahun 1955. Hal ini di karenakan Psyllium Husk ini sangat kaya akan serat alami dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol serta gula darah yang tinggi. Psyllium Husk adalah jenis serat yang bisa mengembang, menyerap air serta menstimulus pergerakan usus yang normal. Dalam saluran pencernaan, serat ini tidak dicerna dan juga diserap oleh tubuh akan tetapi bermanfaat sebagai Laksatif atau pelancar pada saat BAB yang membantu menyehatkan usus besar atau colon.

Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Di dalam Psyllium Husk terkandung 70% Soluble Fiber yang merupakan serat larut dalam air dan 30% Insoluble Fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Sisanya, 30% Insoluble Fiber yang tidak difermentasikan dan mempunyai fungsi untuk memadatkan kotoran sehingga nantinya kotoran mempunyai masa atau kepadatan yang cukup sehingga mudah untuk dikeluarkan. Bahkan selain itu, setiap 100 gram Psyllium Husk ini di dalamnya mengandung 70 gram Soluble Fiber. Ini ialah ukuran Soluble Fiber yang lumayan tinggi. Dan sebagai pembanding, dalam 100 gram produk Havermut ini hanya mengandung 5 gram Soluble Fiber.

Dan hanya dengan Soluble Fiber ini dengan tingkat kekentalan tertentu yang mempunyai manfaat untuk kesehatan antara lain ialah Psyllium Husk yang telah teruji secara klinis mempunyai beragam manfaat kesehatan. Hal ini sebab fungsi pembentukan Jelly-nya yang sangat unik yang mampu menyerap dan mengurangi kolesterol jahat dan juga memperlancar proses BAB. Adapun cara penggunaan psyllium husk ini antara lain ialah :

  • Campurkanlah 1/2 sampai 2 sendok teh Psyllium Husk ini dengan sedikitnya 200 sampai 300 ml air hangat. Aduk hingga rata dan segera minum sebelum menjadi kental dan susah di minum. Sebab Psyllium Husk ini nantinya akan mengembang bila dicampur menggunkan air.
  • Untuk yang belum terbiasa konsumsi Psyllium Husk, maka disarankan untuk memulai dengan dosis yang paling rendah, yakni setengah sendok teh dengan 200 ml air hangat setiap hari nya, selanjutnya anda bisa meningkatkan dosis sampai 2 sendok teh bila di butuhkan.
  • Untuk melangsingkan tubuh, anda bisa konsumsi Psyllium Husk 30 sampai 60 menit sebelum makan siang. Dan untuk penggunaan normal, bisa di konsumsi pada pagi hari.

Apabila anda tengah konsumsi obat, maka alangkah lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab secara general anda bisa konsumsi obat atau vitamin atau supplemen 1 jam sebelum atau 2 hingga 4 jam sesudah konsumsi Psyllium Husk, sebab Psyllium ini bisa menghambat penyerapan obat-obatan tersebut. Psyllium ini harus diminum dengan sedikitnya 200 sampai 300 ml air hangat. Dan sangat penting sekali untuk minum minimal 8 gelas air sehari. Sebab psyllium ini juga memberi efek samping dehidrasi atau tersedak bila tidak dibarengi dengan minum air yang banyak. Selain itu, anda juga tetap di sarankan tetap konsumsi sayur, buah serta makanan yang di dalamnya mengandung serat lain supaya tubuh anda tetap sehat dan juga bugar. Yang terpenting, jangan konsumsi Psyllium Husk ini melebihi dosis yang disarankan. Demikian informasi terkait cara penggunaan psyllium husk, semoga bermanfaat.

Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk


Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Informasi Lengkap Tentang FIFORLIF dapat dilihat disini : http://www.solusikeluargasehat.com/fiforlif-atasi-masalah-pencernaan.html

Comment Closed: Cara dan Petunjuk Penggunaan Psyllium Husk

Sorry, comment are closed for this post.

error: thank you !!